Inpassing ke Fungsional Yuks, Sharing Pengalaman Inpassing Ke Analis Kebijakan

Inpassing atau penyesuaian sesuai PermenPAN No 2 tahun 2016 adalah proses pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional guna memenuhi kebutuhan organisasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dalam jangka waktu tertentu. Gampangnya begini, misalnya kita bekerja sebagai Analis Harga dan Subsidi Bahan Bakar selama 12 tahun, which is jabatan struktural dengan grade terendah yaitu 7. Kita dimungkinkan menyesuaikan pengalaman kita sebagai analis setara dengan jabatan fungsional Analis Kebijakan Muda 3D, dan akan mendapatkan tunjangan fungsional dan grade 9. Enak kan? Pekerjaan sehari-hari sih sama saja, tinggal mendokumentasikan apa yang kita lakukan sehari-hari dan ada tambahan pekerjaan yang dapat kita lakukan. Ngg harus ke Analis Kebijakan sih, apabila kita bekerja di bagian pelaporan misalnya, maka kita bisa inpassing ke fungsional perencana.

Bagaimana caranya?

Inpassing sesuai definisinya penyesuaian yang  terbatas sampai jangka waktu tertentu. Untuk fungsional Analis Kebijakan (AK) dibatasi hanya sampai Desember 2018. (Info terbaru diperpanjang sampai Desember 2021) Kita dapat mengajukan ke Bagian Kepegawaian dan akan diteruskan ke instansi pembinanya (untuk AK adalah LAN).

Untuk AK, ada uji kompetensi yang harus kita lewati:

  1. Uji Tertulis (2,5 jam)
  2.  Uji Wawancara

Pada tanggal 2 dan 3 November 2017, saya mengikuti uji kompetensi tersebut di LAN jalan Veteran Jakarta bersama beberapa teman KESDM dan beberapa kementerian lain.

Pada uji tertulis, kita diminta membuat Policy Brief dengan tema tertentu. Dalam uji tertulis ini kita diberikan bahan dengan tema kebijakan Pemerintah sekitar 30 halaman dan diminta meresumenya dalam format Policy Brief. Penjelasan tentang Policy Brief  diberikan pada saat briefing hari pertama. (Tersedia juga jaringan internet untuk googling)

15002376_1826798790935133_1271612163538382403_o.jpg

Susah ngg ya? Lumayan menantang sih, karena kadang kita pernah denger sebuah kebijakan, misalnya kebijakan pembiayaan perumahan dengan fasilitas khusus; cuma tentu untuk membuat itu dalam format Policy Brief dalam waktu 2,5 jam cukup sulit, terutama apabila kita belum terlalu mengerti pro and kons nya untuk membuat usulan dalam bagian Policy Brief  itu menjadi cukup berbobot.

Sangat beruntung, tema saat uji tertulis waktu itu tentang Blok Masela, which is pro kontranya adalah offshore vs onshore yang sudah lumayan tahu karena terkait pekerjaan.  Pengalaman teman lain yang ujian pada waktu yang lain dan mendapatkan tema di luar pekerjaannya cukup pusing juga saat menuliskan Policy Briefnya.

Setelah Policy Brief selesai, dilanjutkan dengan wawancara sesuai CV yang telah kita berikan dan satu tulisan kita tentang pengalaman terlibat dalam sebuah kebijakan. Apabila teman2 telah memiliki tulisan dalam jurnal ilmiah atau media lain, sangat disarankan untuk menuliskannya di CV, karena penguji melihat bagian publikasi sebagai bagian yang sangat penting. Kalau belum ada publikasi yang “resmi”, skripsi dan tesis sepertinya bisa dimasukan sebagai publikasi, termasuk juga pengalaman sebagai speaker di konferensi nasional atau internasional.

Penilaian

Penilaian terdiri dari kemampuan analisis dan kemampuan politis. Kemampuan analitis adalah kemampuan untuk mengidentifikasi isu/masalah, mengumpulkan dan mengorganisir data/informasi, mengidentifikasi opsi/alternatif, mengevaluasi keuntungan, biaya dan resiko, dan menyajikan informasi kebijakan/membuat saran kebijakan terbaik, serta mengidentifikasi dampak dalam pelaksanaanya. Kelihatannya kemampuan analisis ini dilihat dari hasil Policy Brief yang kita buat.

Sedangkan kemampuan politis adalah kemampuan untuk menginformasikan hasil
analisis kebijakan, bekerja dalam konteks politik dan membangun jejaring kerja. Dengan kata lain kemampuan mengadvokasi informasi kebijakan. Tebakan saya, penilaiannya didapat dari hasil wawancara CV dan tulisan singkat tentang keterlibatan kita dalam sebuah policy Pemerintah.

Adapun batasan nilai kelulusan sesuai perkalan adalah sebagai berikut:

Capture nilai analis kebijakan.JPG

Berdasarkan informasi yang saya dapat, nilai saya untuk analisis adalah 88,80 dan kemampuan politis adalah 90,75 sehingga nilai rata-ratanya adalah 89,78 yang sudah memenuhi nilai terendah untuk menjadi Analis Kebijakan Ahli Muda, yaitu >= 80. Karena ini adalah inpassing, bukan perpindahan jabatan, maka walaupun nilai saya hampir mendekati nilai minimum Analis Kebijakan Utama, namun tetap disesuaikan menjadi Analis Kebijakan Ahli Muda.

Selain itu, angka kredit yang saya dapatkan pun standar, dengan Golongan 3C selama 3 tahun maka saya mendapatkan kredit awal sebesar 264.

angka kredit.JPG

Goodluck buat teman2 yang berminat mengikuti inpassing, semoga sukses

 

Sumber informasi lebih lanjut tentang AK bisa dilihat di

http://pusaka.lan.go.id

https://www.facebook.com/komunitas.analiskebijakan

 

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Inpassing ke Fungsional Yuks, Sharing Pengalaman Inpassing Ke Analis Kebijakan

  1. salam kenal mas, kemarin saya ikut inpassing analis kebijakan jg, klo utk informasi nilai akhirnya bisa berkontak kmn ya mas? oia utk muda bukannya grade 10 ya mas..

    1. Kalau kasus saya karena akhir tahun dan kelamaan pengumuman, jadi ada teman yang inisiatif bertanya. Saya sendri ngg tahu ke siapa. Untuk grade, tergantung kemnterian masing-masing. Walau LAN menginformasikan grade 10, tapi tergantung instansi masing2.

      Good luck ya….

  2. Apa resiko jika kami tidak ikut inpassing mas? SK CPNS kami JFT. Kami sudah naik ke 3B tapi jabatan kami dirubah menjadi bukan fungsional. Tapi kabarnya 3C kami akan tertunda selamanya jika kami tidak ikut inpassing karena secara SK kami termasuk fungsional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s