Orang Tua dan Pendidikan

Ada beberapa yang saya kagumi dari orang tua dalam memandang pendidikan.

  1. Pentingnya Buku

Bapak sangat anti berhutang. Rumah misalnya, beliau beli tunai setelah sebelumnya bertahun-tahun pindah-pindah kontrakan. Cuma satu yang beliau mau berhutang: beli buku.Ngg heran kami punya banyak buku -buku mahal, misalnya ensiklopedi 26 jilid (saya lupa judulnya) yang biasanya cuma ada di perpustakaan,kami punya. Dan banyak buku-buku lain yang dibeli dengan cara mencicil.

2. Pilih Jurusan

Tidak pernah kami dipaksa harus pilih jurusan apa, mulai dari penjurusan di SMA ataupun kuliah. Diarahkan pun tidak. Walaupun tebakan saya, beliau berharap ada di antara 8 orang anaknya menjadi dokter ataupun belajar di IAIN seperti beliau.  Beliau selalu mengatakan, kamulah yang tahu dirimu sendiri dan tantangan masa depan. Bapak beda jaman dengan kamu. Well, kata-kata yang wajar bila Bapak tidak sekolah, tapi Bapak lulusan S1 dan pernah 1/2 tahun belajar bahasa Inggris di Australia, yang berarti sebenarnya banyak tahu juga dengan perkembangan ilmu. Ibu pun D3, cukup tinggi untuk ukuran jaman itu.

Jadi ingat, saya dulu pernah ngajar privat anak SMA yang dipaksa ayahnya masuk kelas IPA.  Kasian banget, anaknya sih rajin, cuma memang kemampuannya bukan di eksakta. Pas ditanya kenapa harus masuk IPA, katanya biar gampang nanti milih jurusan kuliah. Hmmm, alasan yang aneh.

Happy Wedding ke – 44  Bapak Ibu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s