Jawa atau Manado?

Kadang saya suka sebel kalau ada temen ngobrol pakai bahasa daerah saat ngumpul bareng2. Well, memang nyaman sih bagi mereka, karena bahasa itu punya rasa yang berbeda. Seringkali bahasa lain tidak bisa mewakili yang ingin disampaikan. Tapi kesannya ngg hormat aja ke orang dari suku berbeda. Lagian katanya cinta Indonesia, kok lebih sering pakai bahasa daerah, dipertanyakan deh cintanya itu. Jangan-jangan cinta suku nya sendiri, bukan cinta Indonesia. Ah, bagi saya Indonesia itu given, jadi kurang ada bangga-bangganya gitu. Kalau agama kita ada proses memilih, lah kalau suku/negara mah dari sononya ngg bisa diubah.

Aniway busway, jadi orang campuran kadang ada untungnya juga,sedikit oportunis sih. Misal, ada teman yang lagi ngomongin cantiknya orang Manada, yes waktunya ngaku jadi orang sana. Paling tanggapannya,

  1. pantes putih
  2. kok ngg bisa bahasa Manado

Nah kalau menjadi orang Jawa sedang menguntungkan, waktunya ngaku orang Jawa. Tanggapan biasanya adalah :

  1. Saya pikir orang Padang, soalnya namanya mirip orang sana (Nama saya nama Islam kale, ada ada aja)
  2. kok ngg bisa bahasa Jawa

Ah kenapa sih bahasa mulu yang dipermasalahkan. Di rumah ngg pernah pakai bahasa itu soalnya. Ayah saya saja sungkan pakai bahasa Jawa, terlalu strata katanya, bukan bahasa yang nyaman untuk digunakan secara bebas.

Nah kalau Lia Amalia yang tanya, jawabannya ya pasti saya orang Jawa

“Iya Jawa, Jawa-ban doa-doa mu selama ini”

asyik…

catatan seriusnya: Jangan terlalu bangga sesuatu yang given, biasa2 aja. Seringkali bangga berlebihan itu bisa membuat kita fanatik berlebihan. Aneh ngg sih fanatik untuk sesuatu yang given? Bincang2 dengan teman2 dari negara2 lain, yang begitulah yang biasa terjadi. Mereka kadang bangga berlebihan, mungkin juga kita. Negara itu batas yang dibuat setelah penjajahan, kok dibanggain ya?

Prinsip saya, disana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, simple aja. Ngg perlu merasa lebih untuk sesuatu yang ngg pernah kita pilih dan perjuangkan.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s