Oleh – oleh dari Taiwan

Bulan ini alhamdulillah berkesempatan ke Republic of China alias Taiwan selama beberapa hari. Well, ngg sempet kemana-mana berhubung males jalan  taifun yang dasyat, sampai balik pesawart delay 1 hari. Ada 3 poin aja yang kayanya patut dibuat catat

  1. Ketemu orang Yahudi

Dari dulu penasaran sama orang Yahudi, eh ketemu juga, asli pula warga negara Israel. Ada beberapa pertanyaan yang sudah lama mau ditanyakan, akhirnya kesempatan itu muncul juga. Dia dosen univ di Israel, lulusan Berkley Univ, bidangnya Environmental Economics. Bilang sih dia non religious person, well kalau religious mah ngg mau ngobrol sama saya yang ganteng jenggotan kali ya.

Dari ngobrol2 santai, saya baru tau kalau kosher (halal nya yahudi) itu super ketat ya, sampai ngg makan udang juga. Saya pikir cuma daging2 apa gitu.

Terus pas saya tanya kenapa orang Yahudi pinter2, dia ngg sepakat kalau itu DNA. Menurutnya itu masalah tradisi keilmuan saja, tradisi mereka sangat “mendewakan” pendidikan. Well, kalau menurut saya sih mungkin ditambah dengan faktor DNA jadi komplit deh.

Pengen tanya yang lebih detail, tapi ngg enak juga, abis forum iptek malah tanya tentang agama, hehehe

2.Ngerasain Taifun Dasyat

Di Jepang biasanya dilalui taifun, paling ngg setahun sekali dua kali lah yang melewati Hiroshima, tapi baru kali ini kena taifun yang parah bener. Pohon tumbang dimana2, sampai motor2 di jalan juga berjatuhan. Di jalan penuh dengan pecahan kaca dari iklan ataupun lampu2 yang pecah.  Ada beberapa yang korban jiwa, terutama dari longsor.

3. Kebersihan

Kalau dibandingin Jepang yang super bersih, Taiwan tampaknya dibawah itu ya. Beberapa ketemu tempat2 di tengah kota yang agak kumuh, selain itu pengendara nya juga ngg se taat disini yang mengutamakan pejalan kaki. Orangnya lebih jago bahasa Inggris, tapi tidak seramah orang Jepang.

Semoga diberi kesempatan untuk jalan2 ke negeri lain….

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s