PakOmMas BuMbaNeng

Hari ini seorang teman dikritik karena hanya memanggil nama ke teman yang lain yang usianya beberapa tahun lebih tua, tidak pake Mba, Neng atau Teh. Saya tidak ingat alasannya hanya memanggil nama, tapi masalah panggil memanggil ini jadi ribet juga. Dan keluhan ini juga tidak sekali/dua kali saya dengar, beberapa hari lalu ada keluhan juga kalau ada freshmen yang memanggil nama saja pada seniornya, padahal usia hampir beda 10 tahun. Semestinya gimana ya?

Dulu di kampus/sekolah, untuk memanggil kakak kelas, saya memanggil Ka/Bang/Mba. Tapi lama-kelamaan kalo tidak terlalu jauh memanggilnya nama juga. Atau pake gelar akhi/ukhti (saudara) untuk kegiatan remaja masjid. Di kantor, teman satu angkatan saya yang laki2 pasti memanggil nama, kalo yang perempuan biasanya memanggil nama bila seumuran atau memanggil mas kalo lebih muda. Yang ribet, kalo ketemu orang yang lebih tua tapi masuk belakangan, dipanggil mba aneh, dipanggil nama kok kayak ngg sopan.Di satu sisi, kalo memanggil nama kadang membuat kita lebih akrab, kalau pake 'gelar', maka menunjukkan ada batasan.

Disisi lain cenderung terdengar tidak sopan ya. Saya ingat, fenomena ini sudah pernah saya baca di buku teks Psikologi Industri, saya lupa pengarangnya. Ada studi kasus tentang budaya kantor-kantor di Indonesia yang menurut orang Barat terlalu aneh, yaitu panggilan menggunakan kata Pak/Bu yang menurut mereka malah membuat jarak. Hmmm, masa manggil bos nama aja, weh, bisa dipecat kita๐Ÿ™‚

Menurut saya adat istiadat tentu berbeda-beda, namun sebagai seorang muslim, saya coba mencari tahu seperti apa seharusnya kita. Ketemulah hadis ini

Rosulullah SAW bersabda : "Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak menyayangi kepada orang yang lebih kecil (muda) dan tidak mengetahui kewajibannya terhadap orang yang lebih besar (tua). Bukanlah termasuk golongan kami orang yang menipu kami. Seorang mu'min tidak/belum di katakan beriman sehingga ia mencintai orang mu'min yang lain, seperti mencintai terhadap dirinya sendiri". (HR. Thabrani dan Dhamrah ).

Pada hadis yang lain dikatakan:
ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูู†ูŽู‘ุง ู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฑู’ุญูŽู…ู’ ุตูŽุบููŠุฑูŽู†ูŽุง ูˆูŽูŠููˆูŽู‚ูู‘ุฑู’ ูƒูŽุจููŠุฑูŽู†ุงูŽ"

Bukan termasuk golonganku orang yang tidak menyayangi orang muda diantara kami dan tidak menghormati orang yang tua" (HR. At-Tirmidzy, dishahihkan Syeikh Al-Albany).

Bisa kali ya disimpulkan, kalau memanggil dengan gelar adalah bagian dari menghormati orang yang lebih tua, maka sebaiknya kita lakukan, namun imbang juga, kita harus menyayangi orang-orang yang lebih muda dari kita. Dan tua terkadang bukan hanya usia biologis, juga usia bekerja/beraktifitas di suatu tempat. Walllahu alam bishshowab, bagaimana menurutmu teman?

———————————————————————
Bay de way basway, ada fakta menarik di kantor saya.Setelah ngg ngantor selama 2,5 tahun, saya bertemu dengan junior-junior baru yang masuk setelah saya pergi. Agak kaget juga ketika mereka memanggil Pak Luthfi, instead of Mas Luthfi,๐Ÿ™‚. Saya sudah tua ya? Hmmm, pasti pengaruh NIP nih, jadi sebelum bertemu saya, mereka bertemu NIP saya terlebih dahulu yang menerangkan kalo beda usia kita hampir sepuluh tahun. Atau dapat info kalau anak saya sudah 3, jadi pasti saya sudah tua, hehehe. Atau mereka memanggil mas pada senior yang belum menikah dan pak pada yang sudah. Hmmm, soalnya ada juga yang usianya jauh, tapi tetep manggil mas juga. hihihi, fakta yang ngg penting amat…

sumber tulisan:
http://books.google.co.jp/books?id=Ni67E-mt-g4C&pg=PA78&lpg=PA78&dq=mencintai+muda+menghormati+tua&source=bl&ots=-PcP7HtTwg&sig=YJwrULkwbTY4-Bm9ducBi_Yjh1E&hl=id&sa=X&ei=xZhcUdHVNcm1iAfi9oCgBg&redir_esc=y#v=onepage&q=mencintai%20muda%20menghormati%20tua&f=false
http://www.stdiis.ac.id/index.php/akhlak/213-oranglebihtua

Leave a Reply

