Panduan Perjalanan Jakarta – Osaka – Hiroshima – Saijo (Shinkansen)

Alhamdulillah, perjalanan saya kemarin berjalan lancar, walaupun agak sedikit delay saat di berangkat dari Soekarno Hatta. Semoga tulisan ini bisa memandu teman-teman yang akan bepergian dengan penerbangan dari Jakarta ke Osaka – Hiroshima, lebih khususnya yang akan menggunakan jasa kereta api saat di Jepang. Total lama perjalanan adalah sekitar 17 jam samapai di Saijo (Higashi Hiroshima) dengan penerbangan GA 0414 (Soeta- Ngurah Rai), GA 0882 (Ngurah Rai – Kansai), Limited Express Haruka (Kansai Airport – ShinOsaka ), Shinkansen Nozomi (Shin Osaka- Hiroshima) dan akhirnya kereta lokal (Hiroshima – Saijo)

1. Tiba di Kansai
Perjalanan dari Jakarta dimulai dengan menggunakan GA domestik ke Ngurah-Rai dan setelah itu dilanjutkan dengan GA International ke Kansai Airport di Osaka dan tiba sekitar pukul 8 pagi. Setibanya di bandara, kita menaiki kereta bandara yang akan membawa kita ke pemeriksaan imigrasi.
20130322_063152

Setelah itu kita akan melalui pemeriksaan imigrasi, pengambilan bagasi dan pemeriksaan bea cukai. Keluar dari sana, kita bisa mengirimkan barang2 kita dari bandara ke rumah via angkutan dengan biaya sebesar 1.890 yen. Letaknya ke arah kiri setelah keluar dari pemeriksaan bea cukai. Disana tertulis ABC JAL. Pengiriman ini akan mengurangi beban kita sebab perjalanan ke Hiroshima akan cukup melelahkan bila membawa bagasi terlalu berat. Waktu tiba bagasi dengan menggunakan jasa ini sekitar 24 jam, yang berarti bagasi akan tiba di rumah kita keesokan harinya, jadi jangan lupa terlebih dahulu mengeluarkan barang-barang yang urgen.

Setelah urusan bagasi selesai, selanjutnya kita perlu menuju jalur kereta (Railways), jadi kita pindah dari lantai 1 (kedatangan internasional ) ke lantai 2
20130322_070903
tinggal ikuti petunjuk jalan seperti di bawah ini
20130322_070952

Sebelum masuk ke jalur kereta, kita kita perlu singgah tempat ini untuk membeli tiket kereta.
20130322_072211
20130322_071604

Harga total kereta dari Kansai Airport ke Hiroshima sampai ke Saijo adalah 12.750 yen untuk reserve ticket. Kita akan mendapatkan 4 buah tiket, seperti dibawah ini:
20130322_072304.
Pilihan lain selain reserve adalah unreserve dan green car. Prbedaannya adalah kalo reserve kita memesan tempat duduk, unreserve kita hanya memesan jasa kereta, kalau ada bangku kosong kita bisa duduk, kalo tidak ya berdiri. Ada beberapa gerbong khusus unreserve, sehingga kalau kita berangkat dari perberhentian awal, kita akan mudah dapat tempat duduk, namun akan sulit mendapatkan kalau kita naik saat traffic pekerja pulang dan berangkat kerja. Keunggulannnya adalah tiket lebih murah.

Sedangkan green gerbong berarti kita memesan rangkaian yang paling nyaman dengan jarak bangku yang lebih lebar (first class). Urutan mahal ke murah adalah green, reserve, unreserve. Kemarin saya memesan reserve dan memesan didekat jendela dengan harga 12.750 yen sampai di Saijo. Sebagai tambahan informasi, kalau kita membawa keluarga/barang yang sekiranya akan memperlambat perjalanan, mintalah norikai (waktu pindah kereta) lebih lama, karena biasanya mereka akan memberikan 10 menit waktu untuk pindah kereta, waktu yang lumayan singkat kalau kita belum tahu kemana kita akan berpindah. Pada pengalaman perjalanan sebelumnya, saya dan keluarga tertinggal kereta dan reserve saya jadi hangus dan harus buru2 cari bangku di unreserve sehingga duduk di gerbong unreserve terpisah-pisah.
Setelah membeli tiket, kita akan menuju ke platform di lantai 1. Untuk yang membawa barang yang cukup berat, bisa menggunakan lift.
20130322_072718
20130322_072840

2. Menuju Shin Osaka
Dalam tiket saya tertulis Haruka, gerbong 2 nomor 9D, maka setelah turun dari lift, saya menunggu peronn gerbong 2.
20130322_073006
Perjalanan dari Kansai ke Shin Osaka akan memakan waktu sekita 1 jam, dengan berhenti di beberapa stasiun saja. Setibanya di Shin Osaka sesuai jadwal saya memesan Nozomi 15 yang akan berangkat dari track 22, bisa dilihat dari papan infoormasi, akan berangkat 10.45 degan tujuan akhir Hakata . dalam gambar di bawah tertulis unreserve gerbong 1 -3, kalau kita membeli tiket unreserve, tinggal bersegera antri di peron gerbong 1-3 dan bersegera mencari kursi yang kosong.
20130322_083932.
Maka saya segera mencari track 22 dan saya naik ke lantai 3 untuk menuju track tersebut.
20130322_084120.

3. Shin Osaka – Hiroshima
20130322_085152
Memilih duduk di dekat jendela ternyata cukup menguntungkan, selain pemandangan, ada juga charger disana. Ini berbeda dengan kereta sebelumnya. (Haruka)
20130322_085003
Dalam setiap rangkaian gerbong, terdapat fasilitas yang berbeda2, untuk gerbong 15 yang saya naiki, terdapat smoking room, tempat sampah dan toilet. Untuk telepon koin ada di gerbong 14 dan 16. Kalau mau ke vending machine bisa ke gerbong 11, sedangkan crew kereta bisa ditemui di gerbong 8.
20130322_091254
Dalam perjalanan akan diumumkan stasiun yang akan dicapai berikutnya dalam 2 bahasa, namun untuk ganti kereta di stasiun besar beserta waktunya diumumkan hanya dalam bahasa Jepang. Bisa juga dilihat dalam papan informasi di dekat pintu masuk tiap gerbong
20130322_091313

4. Hiroshima – Saijo
Setibanya di Hiroshima, saya akan menyambung kereta Lokal sampai ke Saijo, maka saya menuju JR Line Transfer Gate.
20130322_101434
Setelah mengikuti plang tersebut, kita akan sampai dibeberapa jalur dan untuk ke Saijo, kita perlu mengecek jadwal seperti dibawah ini:
20130322_101901
Dalam jadwal Sanyo line tertulis 2 arah, ke Barat (Saijo/Mihara) dan ke Timur (Miyajimaguchi dan Iwakuni) dan jadwal hari kerja dan hari libur. Maka saya mencari waktu yang terdekat saat ini ke Saijo. Karena waktu di jam saya menujukkan pukul 12.35, maka waktu terdekat adalah 12.47 dan angka 5 kecil dalam lingkaran. Angka 5 menunjukkan jalur 5, maka segera saya menuju jalur 4 dan 5
20130322_101731.

Setelah sekitar 45 menit, maka sayapun sampai di Saijo dengan selamat, alhamdulillah…

3 thoughts on “Panduan Perjalanan Jakarta – Osaka – Hiroshima – Saijo (Shinkansen)