Selamat Jalan Prof

Innalillahi wa inna ilaihi roojiun. Kaget dan sedih mendengar salah seorang ahli perminyakan dan ekonomi energi Indonesia berpulang keharibaan-Nya hari ini. Saya pribadi tidak kenal dengan beliau; bahkan seingat saya bertemu hanya sekali dua kali dalam membahas kajian harga minyak dan BBM beberapa tahun yang lalu. Walau demikian, cukup berkesan juga pertemuan itu sampai sekarang.
————————————————————————————————————————————————-
Suatu siang di akhir 2007. Seorang yang cukup senior mempresentasikan kajiannya. Rambut kurang rapi, namun sangat fasih dalam berargumen. Setelah selesai barulah saya itu kalau penyaji adalah Prof Widjojono yang terkenal itu, guru besar dan penulis beberapa buku. Jadi merasa tidak enak juga karena kami sebagai user bertanya dan menyanggah dengan agak sok tau, yang mungkin bisa menyebalkan bagi orang yang paham seperti beliau. Tapi ternyata beliau tetap bisa untuk bisa menjelaskan dengan santai tanpa terkesan menggurui.

Setelah selesai, beliau bertanya ke kami beberapa update angka subsidi BBM, buat bahan tulisan di media massa katanya. Saya lihat draft tulisannya, tulisan sederhana menggunakan pensil. Kemudian beliau bertanya, dimana mesin fotokopi? Saya memberitahu tempatnya dan menawarkan diri untuk mengkopi, tapi beliau menolak dengan halus. Rendah hati sekali Prof…
————————————————————————————————————————————————-
Indonesia telah kehilangan salah satu ahli ekonomi energi terkemuka. Benar, ada banyak ahli, tapi ahli yang bukan politisi menurut hemat saya jarang sekali saat ini. Kita perlu orang-orang yang mengatakan benar itu benar, tanpa terpengaruhi pencarian popularitas. Banyak sekarang ekonom banci tampil yang sering muncul di TV dengan gagah berani tanpa mengindahkan etika dalam berpendapat dan hobby menyalahkan orang lain. Pernah ngg ya mereka (yang banyak mantan pejabat orba dan jaman Presiden penjual gas murah) berpikir kalau dulu dikritik seperti itu apa menerima?

Selamat jalan Prof, saya percaya mati satu tumbuh seribu, semoga Indonesia akan kembali melahirkan orang-orang seperti Anda…Aamiin YRA.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu waj’al al-jannata maswahu bi rahmatika ya Arhama ar-Rahimin, waj’al ahlahu min as-shabirin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s