Jenggot dan Entertain

Diskusi dengan seorang teman ternyata lucu juga. Dia bilang sering diajak pihak lain ke tempat-tempat hiburan, padahal saya hampir tidak pernah. Hmmm, kenapa beda ya? Setelah dianalisa mungkin karena jenggot saya yang tipis-tipis aduhai itu. Mungkin jadi sungkan untuk ngajak macem-macem ya….

Mungkin itu adalah salah satu hikmah dari seruan Nabi Muhammad SAW :
Diriwayatkan dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda. “Artinya : Selisihilah orang-orang musyrik (dengan cara) melebatkan jenggot dan memendekkan kumis” [Hadits Riwayat Bukhari 5553 dan Muslim 259]

Kalo orang melihat orang yang mengamalkan hadis itu, maka sudah tergambarlah kalau dia seorang muslim tanpa berinteraksi sebelumnya.
———————————————————————————————————————————————–
Tapi ternyata pernah juga suatu saat saya ke sebuah tempat, agak berani juga nih orang, mungkin karena tempat ini memang tempat wisata yang sangat terkenal.
Seseorang : Bapak kelihatan lelah ya, bagaimana ke spa di deket sini Pak?
Saya : (Hmmm, ngg liat apa jenggot say). Wah, spa ya, saya belum pernah ke sana, (mencoba menolak dnegan halus)
Seseorang : Bapak jangan berpikir kalo spa itu negatif Pak, biasa aja kok , cuma mengurangi kelelahan saja.
Saya : (Berani juga nih orang), Saya ngg dulu Pak, kita langsung aja ke hotel
Seseorang : Ok gpp. Kalo besok pagi golf gimana Pak?
Saya : Wah, saya ngg level main begituan, belum pernah pula.
Seseorang : Nanti saya ajarin Pak, tenang aja.
Saya : Hehehe, mungkin lain kali Pak (ini kok jawabannya mirip kalo ada peminta-minta ke rumah)
Seseorang : OK deh Pak (aga aga BT)
—————————————–
Teman lain yang seorang pengusaha punya kiat khusus untuk ‘menolak melayani’ customernya. Kalau si pelanggan sudah ada gelagat minta diservice, dia minta ditemani stafnya yang berjilbab pas ngobrol2, dijamin ‘malu’ kalo minta yang aneh-aneh.hehehe

Leave a Reply

