Kami Membela Kepentingan Rakyat. Rakyat Yang Mana ya?

Kami Membela Kepentingan Rakyat.

Rakyat Yang Mana ya?

 

http://images.detik.com/content/2012/04/01/1207/alphard-out.jpg

Hari – hari ini ramai diberitakan pengisian Premium oleh Alphard dan Fortuner. Selisih harga yang begitu tinggi telah membuat banyak pengguna BBM non subsidi pindah menjadi pengguna Premium. Jadi rakyat yang mana yang dibela oleh parpol itu ya? Khusnodzon saya adalah mungkin bukan maksud mereka, karena yang mereka inginkan adalah menjaga agar harga-harga tidak ikut2an naik. Tapi dampak tentu tidak selalu sesuai keinginan kita.

Mari kita hitung secara sederhana saja, keuntungan dan kelemahan harga tetap seperti sekarang dimata rakyat. Kalau harga naik, sudah pasti seluruh rakyat akan mengalami kesulitan akibat kenaikan inflasi . OK, kita samakan pengaruhnya saat kenaikan dari 4500 ke 6000 tahun 2008, yaitu ada tambahan inflasi dari tahun sebelumnya sebesar sekitar 6 % yang tentu akan dihadapi semua orang, dari masyarakat kelas bawah sampai masyarakat kelas elit. Selanjutnya kita hitung, uang negara yang didapatkan oleh oleh pengguna Alphard tadi, let say setiap hari dia menggunakan 15 liter untuk ke kantor. Subsidi hari ini Rp.5.500, berarti setiap bulan (22 hari kerja ) dia mendapatkan 15 x Rp. 5.500 x 22 hari = Rp. 1.815.000 perbulan. Wow, luar biasa. Sudah kaya, dapet ‘gaji’ pula dari Pemerintah sebesar itu. Tinggal dikali saja, misal ada 5 juta kendaraan, maka Rp. 9 T perbulan untuk mobil orang yang mampu.

Kalau kita bandingkan, pilih mana, ‘menderita’ bersama dengan kenaikan barang-barang sebesar 6 % selama beberapa bulan apa lebih baik dari pada memberikan Rp. 9 T ke orang mampu tiap bulan? Memang, rencana kenaikan RP. 4.500 – Rp. 6.000  tidak seluruhnya menghilangkan subsidi itu, tapi perlu diingat, pengguna pertamax cenderung akan pindah ke premium pada saat selisih harganya tinggi, jadi sangat mungkin Alphard dan Fortuner tadi awalnya tidak menggunakan premium, kecuali kalau selisih harganya sangat tinggi seperti sekarang.

Jadi, rakyat mana yang dibela?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s