Tips Menghindari Pembajakan user FB

FB bisa mendekatkan yang jauh namun juga dapat menjauhkan yang dekat, begitu status seorang teman. Dari kalimat tadi dapat dimegerti betapa pentingnya FB dalam interaksi social saat ini. FB telah sanggup menggantikan kehadiran kita dalam forum yang real. Karena demikian personalnya, beberapa orang iseng untuk dapat mengambil alih account orang lain, seperti yang dialami beberapa teman saya ; bahkan ada yang diganti2 fotonya dnegan yang tidak pantas. Hal ini membuat saya penasaran dan mencari tau lewat google dan sumber lain untuk menghindari hal tersebut.
Dari beberapa artikel, sari yang saya dapatkan adalah sebagai berikut:
Ada beberapa cara yang dilakukan seorang pembajak FB.

1. Masuk melalui email.
Langkah pertama adalah hack dulu emailnya. Dalam melindungi email, beberapa provider menyediakan pertanyaan rahasia untuk dapat merestart password email. Pertanyaan misalnya : Dimana hometown anda? Atau, siapa nama guru SD anda. Dalam usahanya, sang Hacker berupaya mengetahui jawabannya dengan masuk menjadi teman kita untuk dapat mengetahui rahasia kita. Jika dia sudah tau pertanyaannya, seni dari hacker adalah bagaimana agar kita bisa membuka jati diri kita . Hal itu bisa dilihat dari tampilan profil kita. Lahir di Jakarta, berarti jawabannya adalah Jakarta. Atau, kalo pertanyaannya lebih spesifik lagi, sang Hacker bisa berpura2 chat dengan kita untuk mencari tau. Misal, kalo pertanyaannya adalah guru favorit, maka si pelaku berpura2 satu SD dengan kita dan memberi pertanyaan pancingan agar keluarlah siapa guru favorite kita di masa lalu

2. Menggunakan software
Ada software khusus yang dapet mmbaca password bila kita log in di computer yang telah terinstal software tersebut. Kalo tidak salah, salah satu softwarenya adalah keylogger.

3. Memberikan link palsu untuk menjebak.
Pernah seorang teman tiba2 memberikan info kepada saya lewat fasilitas chat untuk mengklik tautan tertentu. Ketika saya buka, ternyata halamannya persis seperti halaman awal FB dan seolah2 kita diminta log in FB kita untuk dapat melihat tautan tersebut. Seorang teman yang tertipu memasukkan user dan passwordnya dan sang hacker bisa masuk ke FB nya. Untuk menambah orang yang terjebak, dia chat dengan teman si korban agar mendapatkan user dan password yang lebih banyak lagi.

Pertanyaan selanjutanya adalah, bagaimana menghindarinya:

1. Hindari log in di warnet atau computer orang lain, terutama yang tidak dapat anda percaya, karena bisa jadi disana ada software pembaca password
2. Ubahlah password secara berkala
3. Buatlah pertanyaan yang sulit dalam merestore password email
4. Jangan teriming2 dengan tautan yang ‘menarik’ walaupun itu berasal dari teman anda.

Tapi, bagaimana kalo sudah dihacked?
Kalo si hacker cuma ingin masuk dan mengubah tmapilan FB anda, maka segera ubah passwordnya. NAmun kalo si hacker sudah mengubah password FB kita sehingga kita tidak bisa log in, cobalah meminta teman2 untuk melaporkan ke FB anda dengan cara mengirimkan pesan bahwa FB anda kemungkinan sudah diambil alih kepemilikannya. Jika beberapa teman melakukannya, maka administrator FB akan menonaktifkan user kita sehingga kita bisa buat user baru.

Mudah2an berguna 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s